22 Agt 2010

Sediakan Stock Obat di Rumah Untuk Anak dan Keluarga

. 22 Agt 2010

Sediakan Stock Obat di Rumah Untuk Anak dan Keluarga


--------------------------------------------------------------------------------

Ummu Harun As Salafy


Musim panca roba yang merupakan perubahan cuaca secara cepat ahir-ahir ini tengah mendera. Misal padahal siang hari panas terik ndak disangka waktu Ashar turun hujan. Perubahan cuaca secara cepat ini bagi yang stamina kurang akan berakibat banyak yang sakit. Bisa dilihat dari data jumlah pasien yang terus bertambah di rumah sakit atau Puskesmas menandakan semakin banyaknya orang sakit di musim-musim terahir ini. Oleh karena itu menyediakan obat-obatan untuk penyakit yang sering muncul sangat dianjurkan untuk kesehatan keluarga terlebih anak-anak yang rentan terhadap penyakit. Berikut adalah list obat yang musti disediakan :


1. Madu. Ini adalah obat yang utama untuk menanggulagi dan mengobati berbagai penyakit. Dapatkan madu asli untuk dewasa dan madu anak untuk balita di toko Muslim atau di setiap kajian Salafiyyyin selalu ada yang dagang Madu. Dari yang botol kecil sampai botol besar.


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang madu yang keluar dari perut lebah:


يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيْهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ


“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (An-Nahl: 69)


Madu dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dengan izin Allah Subhanahu wa Ta'ala.


2. Habbatus Sauda atau dalam bahasa kita adalah jintan hitam. Saat ini banyak sekali habbatus sauda yang sudah dalam kemasan seperti kapsul atau lainnya. Dapatkan di toko Muslim atau di setiap kajian Salafiyyin.


Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:


إِنَّ هَذِهِ الْحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ مِنَ السَّامِ. قُلْتُ: وَمَا السَّامُ؟ قَالَ: الْمَوْتُ


“Sesungguhnya habbah sauda` ini merupakan obat dari semua penyakit, kecuali dari penyakit as-samu”. Aku (yakni`Aisyah radhiallahu 'anha) bertanya: “Apakah as- samu itu?” Beliau menjawab: “Kematian.” (HR. Al-Bukhari no. 5687 dan Muslim no. 5727)


3. Obat turun panas untuk anak. Bisa berupa puyer, syrup, koyo kompress demam. Sediakan juga termometer untuk mengukur suhu demam anak.


4. Obat Batuk dan pilek atau flu, bisa berupa tablet maupun syrup. Penyakit flu sering terjadi pada anak-anak.


5. Obat diare atau mencret. yang namanya anak-anak suka makan sembarangan. makanya diajutkan bagi orang tua untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak kita.


6. Balsem atau Vicks Vaporub. Di kala anak terserang demam atau flu, hangatkan ia di malan hari ketika tidur dengan balsem oleskan tipis pada dada dan punggung. Termasuk di dalamnya minyak telon untuk Balita supaya hangat.


7. Obat nyamuk. Bisa berupa lotion anti nyamuk untuk anak maupun electrik yang aman untuk pernafasan. Musim pancaroba banyak sekali nyamuk di waktu malam.


6. Kappas dan Cutton Buds. Termauk juga plester penutup luka semisal handyplast


8. Obat merah.


Mungkin itu yang biasa paling sering dibutuhkan. Letakkan obat-obatan tersebut pada kotak obat khusus yan diletakkan di tempat khusus agar mudah mencarinya. Namun ahsannya (bagusnya) mencegak lebih baik daripada mengobati dengan mengontrol kesehatan keluarga dengan memberikan makanan yang bergizi dan vitamin. Adapun madu dan habbatus sauda seyogyanya jangan dijadikan obat ketika sakit namun dikonsumsi setiap hari untuk menambah stamina dan menghindari penyakit. ketika bikin teh atau susu tambahkan sesendok madu atau ketika makan roti jadikan madu sebagai selai..wuih..uennak tenan. Demikian pula habbatus sauda jadikan konsumsi setiap hari setiap pagi dan sore, insya Allah badan fit muantabs.


Namun yang namanya sakit yang qaddarullah sebagai ujian dan kafarot dosa. Sabar ketika sakit adalah keutamaan.


Sebagaimana dalam hadits Abdullah bin Mas‘ud radhiallahu 'anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:


مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيْبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلاَّ حَطَّ اللهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا


“Tidaklah seorang muslim ditimpa gangguan berupa sakit atau lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5661 dan Muslim no. 6511).


Makanya sabar ketika sakit dan jangan bersedih karena sabar adalah sifat seorang Muslim sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:


عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِن، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَلِكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِن، إِنْ أَصَابَهُ سَرَّاءٌ شَكَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَهُ ضَرَّاءٌ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ


“Sungguh mengagumkan perkara seorang mukmin. Sungguh seluruh perkaranya adalah kebaikan. Yang demikian itu tidaklah dimiliki oleh seorangpun kecuali seorang mukmin. Jika ia mendapatkan kelapangan, ia bersyukur. Maka yang demikian itu baik baginya. Dan jika ia ditimpa kesusahan, ia bersabar. Maka yang demikian itu baik baginya.” (HR. Muslim no. 2999)


Wallahu a'lam


Sumber: http://sunniy.wordpress.com | Menebar Ilmu & Tegakkan Sunnah

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | The Blog Full of Games